Teratur

Keindahan Islam tampak pada semua aspek. Ketika dicermati lebih jauh ada begitu banyak perintilan yang terkesan remeh temeh tapi justru menunjukkan jika Islam sangatlah teratur. Adab-adab Islam sangat lengkap mengatur seluruh aktivitas. Selain itu ada paket lengkap yang dapat dijadikan contoh. Manusia terbaik, Rasulullah shollallohu ‘alaihiwasallam. Sunnah-sunnah beliau baik dalam bentuk hadis maupun tindakan menunjukkan berbagai keteraturan.

Tindakan sepele yang mungkin terlupa seperti mendahulukan yang kanan ketika melakukan kebaikan jika diperhatikan dan diterapkan maka tidak mungkin tidak rapi dan teratur. Sebagai contoh, untuk masuk masjid kaki kanan didahulukan dan keluar dengan kaki kiri. Kemudian menggunakan alas kaki dengan mendahulukan kaki kanan. Rangkaian kegiatan sepele yang sering kita lakukan tersebut jika dilakukan terus menerus secara tidak langsung mendidik kita untuk tidak terburu-buru. Karena tidak mudah keluar dengan kaki kiri tetapi mendahulukan kaki kanan untuk memakai alas kaki ketika tergesa-gesa. Selain itu, kita diajarkan untuk menyelesaikan satu perbuatan secara sempurna untuk kemudian baru berpindah ke pekerjaan selanjutnya.

Seberapa sering kita tidur dengan kondisi berwudhu dan didahului do’a? Ketika kita konsisten untuk dapat melakukannya maka kita belajar untuk mempersiapkan segala sesuatu. Apakah kita akan ingat untuk berdo’a sebelum menutup mata jika tertidur dan bukannya berniat untuk tidur? Perbuatan yang sepertinya tidak penting tapi mungkin saja menjadi penentu akhir kehidupan jika ternyata kita tidak pernah bangun lagi.

Begitu banyak adab-adab yang menjadikan kehidupan seorang muslim teratur dan indah. Tentunya ketika semua itu dilakukan dan bukan hanya berhenti sebagai bacaan. Allah itu indah dan menyukai keindahan. Satu hadis singkat tersebut sepertinya cukup mewakili bagaimana seharusnya seorang muslim terlihat.

#day8

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s