Tulisan Perdana

Terlalu banyak hal yang bermain di benak. Terlintas di pikiran. Tersimpan rapi di sudut terdalam entah dimana. Dan semuanya seolah menjerit meminta tempat yang lebih luas. Entah sekedar melepaskan atau memang menguraikan hingga bentuk paling sederhana. Berharap semua menjadi lebih jelas dan terang atau setidaknya menjadi alasan lain untuk tetap tersenyum. Mengurai sesak dan ketakutan pada diri sendiri yang terbelenggu masa lalu. Mencoba mengecap kembali keadaan ideal yang pernah menjadi nafas.

Seumpama pohon, semakin tinggi tunas bertumbuh entah angin mana yang semakin sering menyambangi. Lautan yang tenang tak akan mampu melahirkan pelaut yang tangguh bukan? Selayaknya berlian yang perlu melewati suhu dan tekanan tak terkira untuk mewujud menjadi batu mulia. Sedang janji Allah bahwa manusia pasti akan menempuh ujian adalah kepastian. Lalu adakah alasan untuk memilih menyerah dan kalah? Bukankah wajar seseorang yang spesial harus memainkan lakon kehidupan yang berbeda dari yang lain? Memainkan skenario yang lebih berat dan lebih banyak dari yang lain?

Jejak kematian semakin nyata setiap detiknya. Dan Aku masih terjebak pada pusaran hitam yang kubuat sendiri. Mencoba bertahan dan menepi. Meninggalkan semua pekat dan kelam. Ada seberkas cahaya nurani yang memanggil dan perlahan tertutup noda yang semakin menghitam. Kebaikan yang menghapus noda tak sebanding noda yang terlanjur pekat. Ada tekat dan pengorbanan yang dituntut untuk menggapai cahaya. Ada nafsu yang harus dibunuh untuk menyempurnakan cahayanya.

Impianku masih sama. Merengkuh utuh 30 bagian dalam sanubari. Mengalunkannya menjadi senandung kehidupan. Mendekap erat menjadikan pegangan dan satu-satunya rujukan. Mendapat penjagaannya sebagaimana aku menjaganya. Satu diantara sekian banyak yang menjadi cita-cita. Semoga Allah beri kesempatan dan kemudahan.

Tulisan perdana di tahun 2015. Sekedar goresan kata pengingat untuk diri sendiri.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s