Manuk Londo di Cupuwatu Resto

Setelah lebih dari dua puluh tahun tinggal dan besar di Yogyakarta rasanya baru belakangan ini Aku benar-benar menikmati segala pesonanya. Yogyakarta merupakan kota yang eksotis dan memiliki daya tarik tersendiri. Menjadi satu-satunya provinsi yang dipimpin oleh seorang sultan membuat Yogyakarta menjadi kota yang istimewa. Berjalan-jalan dan menikmati kota Yogyakarta tidak lengkap tanpa mencoba menu kulinernya. Bahkan untuk seorang yang cukup lama tinggal di Jogja sekalipun. Kuliner Jogja selalu terasa istimewa apalagi jika dinikmati bersama orang yang istimewa dan di tempat yang istimewa.

Cupuwatu Resto menjadi satu Restoran di Yogyakarta yang dapat dijadikan pilihan untuk menjajal menu kuliner Jogja. Bahkan pada kunjungan pertamaku ke restoran ini pun sudah cukup untuk menjadikan restoran ini masuk daftar restoran yang akan kukunjungi lagi. Letaknya cukup strategis untuk dijangkau karena berada di tepi jalan Jogja-Solo, tidak terlalu jauh dari bandara, selain itu juga berdekatan dengan beberapa obyek wisata di Jogja seperti Candi Boko, Candi Sambisari, Candi Sari, dan Candi Kalasan. Jadi setelah menikmati keindahan peninggalan bersejarah dari masa lalu bisa mampir untuk beristirahat sekaligus menghilangkan lapar dan dahaga. Selain itu dari segi interior dan penataan ruang aku cukup elegan. Walaupun ada di pinggir jalan raya yang terasa panas tetapi begitu masuk ke restoran hawa panasnya sudah tidak terasa. Tempat ini juga cukup tepat untuk menjadi pilihan menghabiskan waktu bersama dengan keluarga atau kolega atau bahkan untuk makan malam romantis dengan orang yang istimewa.

IMG_3883

Ada menu istimewa yang ditawarkan Cupuwatu Resto. Namanya pun cukup menarik, Manuk Londo. Manuk Londo ini lebih sering disebut sebagai MALON. Manuk Londo ini awalnya kupikir hanyalah sekedar nama menu. Ternyata MALON ini memang nama dari hewan sejenis unggas. Nama asli dari hewan ini adalah Franc Quail. Menu olahan dari MALON ini disajikan dengan banyak varian jenis masakan. Semuanya terlihat menggugah selera.

Pada kunjungan pertama ke Cupuwatu Resto aku cukup bingung memilih menu yang ada karena semuanya terlihat lezat. Akhirnya pilihanku jatuh pada MALON Peking dan Es Teler. Aku rasa pilihanku tidak salah karena rsanya memang sama menggugahnya dengan gambar yang display pada menu yang disediakan.

MALON Peking disajikan utuh semua bagian dari MALON dari kaki, badan, sampai paha. Setelah MALON Peking disajikan dihadapanku aku baru tahu bahwa MALON itu sejenis burung puyuh menilik dari ukuran yang ada dihadapanku. Tapi MALON ini secara ukuran lebih besar dari burung puyuh sehingga rasanyapun lebih puas karena ukurannya lebih besar. Untuk ukuran lauk normal MALON ini cukup besar. Rasa dari MALON Peking ini lembut dan meresap bumbunya sampai dalam. Untuk orang penyuka rasa asin menu ini bisa menjadi pilihan.

IMG_20140921_130033

MALON Peking

Es Teler yang disajikan memiliki aroma dan rasa durian. Dalam Es Teler ini terdapat alpukat dan jeli yang membuat Es Teler ini semakin berasa. Menu ini dapat menjadi pilihan yang cocok untuk menghilangkan dahaga di tengah teriknya siang karena rasanya yang segar.

IMG_20140921_130103

Es Teler

Selain dua menu yang sudah tersebut diatas ada kuliner khas Yogyakarta yang juga disajikan di Resto ini. Gudeg MALON. Gudeg yang menjadi khas Jogja dipadu dengan lauk MALON menjadi kuliner istimewa ini semakin istimewa. Untuk yang ingin menjadikan menu ini sebagai oleh-oleh maka dapat memesan GUdeg MALON Kendil yang dapat bertaha selama 48 jam.

Gudeg MALON

Gudeg MALON

Untuk yang menyukai rasa manis bisa memilih menu MALON BBQ

MALON BBQ

MALON BBQ

Bagi penyuka pedas dapat memilih menu MALON Halilintar yang akan memanjakan lidah para pecinta pedas.

MALON Halilintar

MALON Halilintar

Untuk yang menyukai rasa gurih maka ada MALON Bumbu Kuning. Rasa gurih dari menu ini meresap sampai ke tulang.

MALON Bumbu Kuning

MALON Bumbu Kuning

Saat acara syukuran bersama dengan keluarga dan kolega dapat memilh sego wiwit atau nasi kebuli. Keduanya cocok untuk dimakan bersama dan sama-sama memiliki rasa yang khas. Sego Wiwit ini merupakan nasi gurih dan Nasi Kebuli ini sangat pekat rasa rempah-rempah timur tengahnya.

Sego Wiwit

Sego Wiwit

Nasi Kebuli

Nasi Kebuli 

Selain menu yang sudah tersebut di atas masih ada banyak lagi menu yang dapat dijajal. Semua menu yang ada dapat memanjakan lidah pengunjung. Menu dapat dipilih sesuai selara dan kesukaan masing-masing. Selamat menikmati kuliner Jogja, selamat menikmati Restoran di Yogyakarta dan Selamat menikmati Kuliner Khas Yogyakarta 😀

Event-lomba-blog-writing-competition-600x641

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s